Banner 468 x 60px

Kamis, 26 Januari 2012

Keutamaan Belajar al-Qur’an,

2 komentar

Membaca, Menghafal, dan Mempelajari Kandungannya







Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَـلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ [البخاري]

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan yang mengajarkannya“. (HR.Bukhari IV/1919 no.4739)



Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الَّذِيْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِيْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَعْتَعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ [متفق عليه]

“Orang yang pandai (membaca dan menghafal) Al Quran, maka (nanti di akhirat akan dikumpulkan) bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca Al Quran dan dia terbata-bata karenanya serta kesusahan maka baginya dua pahala“. (HR. Bukhari IV/1882 no.4653 dan Muslim I/549 no. 798).


Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallah alaihi wasallm bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran), maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan akan dilipatkan gandakan sepuluh kali lipat, saya tidak mengatakan:  …… satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”  (HR.Tirmidzi V/175 no. 2910).



Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ أَنْ يَجِدَ  ثَلاَثَ خَلِفَاتٍ، عِظَامٍ سِمَانٍ؟ قُلْنَا: نَعَمْ: قَالَ: فَثَلاَثُ آيَاتٍ يَقْرَأُ بِهِنَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلاَثِ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ [مسلم]

“Inginkah salah seorang di antara kalian yang kembali ke keluarganya dengan membawa tiga ekor unta yang sedang hamil dan gemuk-gemuk? Kami berkata: Ya, maka beliau bersabda: tiga ayat yang kalian baca dalam shalat kalian itu lebih baik dari tiga ekor unta hamil yang gemuk”. (HR.Muslim I/552 no. 802).



Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ، يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ، إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ    [مسلم]

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah yang di dalamnya mereka membaca Al Quran dan mempelajari (kandungan)nya di antara mereka, melainkan akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dicurahkan rahmat dan dikelilingi oleh para malaikat serta Allah sebut-sebut mereka pada (makhluk) yang ada disisi-Nya.”  (HR.Muslim IV/2074 no.2699).



Beberapa Faidah dan Pelajaran Penting Dari Hadits-Hadits di Atas:

1. Orang yang mempelajari baca tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar, menghafalnya serta mengajarkannya kepada orang lain adalah termsuk sebaik-baik manusia di sisi Allah ta’ala.

Termasuk dalam keutamaan ini juga, orang yang mepelajari dan mengajarkan tafsir Al-Qur’an dengan pemahaman yang benar kpd manusia agar mereka mau mengimani dan mengamalkannya serta mnjadikannya sbgai pedoman hidupa mereka di dunia ini.

2. Tingginya kedudukan orang yang pandai membaca dan menghafal al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid/tahsin dan makhroj huruf-huruf hijaiyyah, yaitu kedudukan mereka sama dengan kedudukan para malaikat yang mulia lg baik dan selalu taat pd Allah.

3. Maha Pemurahnya Allah dalam memberikan pahala kepada para hamba-Nya yg berbuat kebaikan n ketaatan kpda-Nya, sampaipun orang yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata dan ia merasa kesulitan dalam membacanya, Allah memberinya 2 (dua) pahala; satu pahala membaca dan satu pahala lagi untk kesulitannya dlm membaca kitab-Nya (Al-Quran).

4. Membaca Al-Quran merupakan ibadah yang ringan namun banyak keutamannya dan besar pahalanya. Dimana Allah ta’ala memberikan pahala bagi siapa yang membaca satu huruf Al-Quran sebanding dengan 10 kebaikan, dan akan dilipatgandakan menjadi 700 (tujuh ratus) kali lipat kebaikan. (Subhanallah).

5. Berkumpul di dalam masjid (baitullah) untuk mempelajari bacaan Al-Quran dan tafsirnya serta hukum-hukum yang terkandung di dalamnya memiliki keutamaan yang sangat besar, diantaranya:

- sebagai sebab adanya ketenangan dan ketentraman di dalam jiwa seorang hamba.

- Mendatangkan rahmat (kebaikan dan kasih sayang) dari Allah ta’ala.

- Para malaikat yang Allah tugaskan menghadiri majlis2 dzikir dan ilmu akan hadir dan singgah di dalamnya.

- Membuat Allah ridho dan menyanjung orang-orang yang senantiasa hadir di majlis ilmu yg dipelajari di dalamnya ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di hadapn para malaikat yg mulia di langit.



Demikian sekelumit faidah dan pelajaran penting yang dapat kita ambil dari hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di atas. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wa Billahi at-Taufiq.

 #Best Posting

    2 komentar:

    Saung Tahfiz 11 mengatakan...

    subhannallah,semoga jadi ladang amal kita...hai orang-orang beriman ,jika kamu menolong agama Allah , niscaya Dia akan menolongmu dan neneguhkan kedudukanmu (q.s.muhammad:7)

    Saung Tahfiz 11 mengatakan...

    Amin

    Posting Komentar

    Mengenai Saya

    Foto saya
    Antum silaturahim ke tempat ana saja, biar lebih kenal dan lebih dekat
     
    Saung Tahfiz © 2011-2013 Ozie Al - Afasy. Supported by PsPrint